Titik refleksi urat sendi lutut

Nyeri sendi pada lutut adalah saah satu gejala nyeri atau rasa sakit pada persendian terutama bagian lutut. Sakit atau nyeri sendi lutut dapat terjadi pada segala usia. Sendi lutut merupakan bagian yang sangat mudah terserang kerusakan atau nyeri dikarenakan pada bagian ini memiliki fungsi untuk menopang beban tubuh ketika berjalan, berlari, melompat dan membawa barang bawaan lainnya.
Titik refleksi urat sendi lutut
Image by: sakitsendi.org

Sakit jenis ini kebanyakan dialami oleh pekerja berat, dan olahragawan atau seseorang yang sering melakukan latihan fisik yang cukup berat.

Penyebab sakit urat sendi lutut

Beberapa penyebab terjadinya sakit lutut antara lain:
  • Sedang mengidap penyakit tertentu misalnya, asam urat, tendonitis, osteoartritis, dan sejenisnya.
  • Terjadinya pendarahan pada bagian sendi.
  • Akibat adanya infeksi pada lutut, misalnya artritis septik.
  • Pengaruh cedera pada lutut terutama pada bagian tulang rawan.
  • Kerusakan pada tendon atau ligamen.

Gejala sakit sendi pada lutut atau nyeri sendi

Sakit sendi lutut dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti terjadinya pembengkakan pada lutut, adanya bunyi gemeretak pada saat lutut digerakkan, biasanya disertai demam, terjadinya perubahan bentuk pada lutut yang tidak biasanya, lutut terasa kaku dan tidak bisa diluruskan dan ini terjadi jika sakit sendi telah cukup parah.

Tindakan awal untuk menangani sakit sendi adalah segera menjalani pemeriksaan ke dokter, terutama jika tidak bisa ditangani sendiri di rumah dan memang memerlukan perawatan medis seperti operasi dan sejenisnya.

Perawatan dan pengobatan dengan terapi pijat

Salah satu cara/usaha untuk menyembuhkan sakit sendi lutut/urat sendi adalah dengan melakukan pemijatan pada titik refleksi yang berkaitan dengan bagian yang sakit. Pijat tradisional seperti pijat urut untuk urat keseleo juga dapat dilakukan dengan catatan harus dilakukan oleh orang yang ahli di bidang ini.

Pijat refleksi urat sendi lutut

Titik refleksi yang dipijat berkaitan dengan sakit nyeri sendi atau urat sendi lutut sebagai berikut: titik refleksi lutut (no.35 pada bagian kaki yang sakit), artinya jika yang sakit keduanya, maka pijat kedua bagian tersebut. Titik refleksi timbal balik pada siku (no.60 kaki yang sakit). Urai sendi lutut ini dengan ujung jari atau ujung ibu jari, biasanya tulang lutut tempurung lepas.
Titik refleksi urat sendi lutut
titik refleksi lutut (no.35 pada bagian kaki yang sakit), artinya jika yang sakit keduanya, maka pijat kedua bagian tersebut.

Titik refleksi urat sendi lutut
Titik refleksi timbal balik pada siku (no.60 kaki yang sakit)

Terapi lainnya untuk mengatasi urat sendi lutut yang sakit adalah dengan memijat dan menekan dengan kuat (menggunakan ujung ibu jari kiri dan kanan secara bergantian) bagian tempurung lutut untuk mengembalikan ke posisi normal. Pijatan dimulai dari sebelah kiri dan kanan tempurung lutut selama 5 detik dan sebanyak 20 kali.
Baca juga: Pijat refleksi untuk mengobati sakit nyeri sendi 

Cara terapi lainnya adalah dengan memijat lekukan belakang lipatan lutut dengan menekannya selama 5 detik dan sebanyak 20 kali. Tahan rasa sakit, sebab pijatan ini akan terasa ngilu dan sakit, pemijatan dilakukan setiap hari hingga sembuh. Wallahua'lam.

Related search pijat urat sendi: titik pijat sakit lutut, pijat refleksi betis, pijat sakit pinggang belakang, titik saraf lutut, cara pijat pangkal paha, refleksi nyeri lutut, cara memijat lutut yang sakit, cara memijat nyeri lutut, video cara memijat lutut yang sakit.

0 Response to "Titik refleksi urat sendi lutut"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *