Mengatasi rasa nyeri akibat infeksi akar gigi dengan pijat refleksi

Infeksi akar gigi dapat terjadi akibat serangan bakteri yang terdapat pada akar gigi. Seperti yang telah dijelaskan oleh drg. Arni Maharani dalam tanya jawab di klikdokter.com, beliau menjelaskan bahwa infeksi pada gigi pada saluran akar atau yang telah menyebar pada jaringan dan sekitarnya biasanya disebabkan oleh adanya serangan bakteri yang terdapat pada gigi.

Perawatan harus dilakukan oleh dokter gigi agar tidak menimbulkan abses, yaitu terdapatnya nanah dan adanya pembengkakan pada gusi. Pada beberapa kasus yang telah parah, abses dapat menyebakan pembengkakan pada gusi dan pipi menjadi bengkak.
Mengatasi rasa nyeri akibat infeksi akar gigi dengan pijat refleksi
Image by: curetoothdecay.com

Gigi yang sedang mengalami hal ini, tidak boleh dicabut, namun harus diredakan dengan antibiotik sesuai resep dokter gigi. Menjelang beberapa hari jika bengkak dan rasa nyeri telah hilang, baru gigi yang bermasalah boleh dicabut.

Infeksi pada gigi dapat menjalar ke organ lain.

Menurut sebuah penelitian sakit atau infeksi yang terjadi pada akar gigi dapat menjalar ke organ lain dan diduga dapat juga menyebabkan penyakit lain seperti jantung, mata, kulit, gagal ginjal dan sebagainya. Drg. Melani Sadono mengatakan bahwa, sakit gigi memungkinkan seseorang mengalami juga gangguan penyakit lain seperti pegal-pegal di sekitar leher, mata, ginjal, dan bahkan jantung.

Pengobatan infeksi pada akar gigi dengan terapi pijat

Pijat refleksi membantu meringankan sakit akibat infeksi pada gusi dan gigi. Titik refleksi yang dipijat hampir sama dengan pengobatan sakit gigi dan rahang.

Titik refleksi rahang atas dan bawah (no.46 dan 47 kaki kiri dan kanan).
Mengatasi rasa nyeri akibat infeksi akar gigi dengan pijat refleksi
Titik refleksi rahang atas dan bawah (no.46 dan 47 kaki kiri dan kanan)


Pijat daerah refleksi di atas tekan dengan kuat secara berulang-ulang, rasa sakit usahakan ditahan. Ulangi beberapa kali hingga sakit yang diderita terasa ringan.

Tindakan pencegahan adalah lebih baik dari pada mengobati, seperti menggosok gigi dengan benar, menjaga pola makan, mengindari konsumsi cuka makan, makanan dan minuman terlalu panas atau sangat dingin, sehingga gigi dan gusi terhindar dari infeksi. Namun bila terjadi itu sudah bagian dari takdir dan harus segera diobati dengan mendatangi dokter gigi dan tenaga medis lainnya untuk menjalani perawatan.

Referensi:
https://himakagi.wordpress.com/infeksi-gigi-menjalar-ke-organ-lain/
http://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2800087/infeksi-pada-akar-gigi

0 Response to "Mengatasi rasa nyeri akibat infeksi akar gigi dengan pijat refleksi"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *