Titik refleksi untuk mengatasi gangguan indra pengecap

Salah satu karunia Allah atas makhluknya adalah manusia dilengkapi dengan indra perasa atau alat pengecap yaitu lidah. Fungsi lidah ini dapat merasakan lezatnya makanan dan minuman yang masuk ke mulut. Kebanyakan orang lebih dapat memilih dan membedakan jenis makanan dan minuman berdasarkan rasanya dibandingkan dengan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.
Titik refleksi untuk mengatasi gangguan indra pengecap
Image by: polki.pl

Seandainya lidah tidak dapat merasakan rasa, maka alangkah tidak sedapnya dan rasanya seperti hampa dunia ini.

Kadangkala kita mengalami gangguan pada indra perasa atau pengecap akibat panas dalam atau adanya infeksi pada ujung atau permukaan lainnya dari lidah. Jika Anda mengalami hal ini maka segeralah periksa ke dokter dan ahli medis lainnya untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan apakah ada kelainan dan atau gejala penyakit yang berkaitan dengan lidah.

Jenis gangguan indra pengecapan

Gangguan pada indra pengecap atau lidah dapat terjadi pada siapa saja dan penyakit ini dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk merasakan makanan dan minuman yang masuk ke mulut.

Beberapa kategori gangguan indra pengecap yaitu:
  1. Adanya penurunan kepekaaan terhadap jenis makanan dan minuman yang masuk ke mulut, meskipun kategori ini masih dapat merasakannya namun tidak sempurna. (Hipogeusa)
  2. Gangguan pada alat pengecap dimana seseorang tidak dapat merasakan sama sekali beragam rasa makanan dan minuman yang masuk ke mulut. (Ageusia)
  3. Gangguan ke tiga adalah adanya rasa lain/penyimpangan rasa makanan dan atau minuman yang masuk dan dirasakan oleh lidah. (Disgeusia)

Pengobatan gangguan lidah/indra pengecap

Gangguan pengecap yang dirasakan oleh lidah biasanya diobati oleh tenaga medis atau dokter dengan melakukan pengetesan atau pemeriksaan medis terhadap lidah sebelum dilakukan pengobatan.

Pengobatan dengan terapi pijat

Beberapa ahli akupunktur dan pijat refleksi, gangguan pengecap dapat diatasi dengan melakukan pemijatan pada bagian atau daerah refleksi kepala (no.1 kaki kiri dan kanan), serta daerah refleksi rahang atas dan bawah (no.46 dan no. 47 kaki kiri dan kanan).
Titik refleksi untuk mengatasi gangguan indra pengecap
daerah refleksi rahang atas dan bawah (no.46 dan no. 47 kaki kiri dan kanan)

Titik refleksi untuk mengatasi gangguan indra pengecap
daerah refleksi kepala (no.1 kaki kiri dan kanan)

Pijat dengan benar dan teratur pada bagian itu insyaallah dapat meringankan gangguan indra pengecap sehingga lidah dapat merasakan makanan dan minuman dengan normal.

0 Response to "Titik refleksi untuk mengatasi gangguan indra pengecap"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *