Titik refleksi untuk mengatasi Leiner pada bayi

Penyakit Leiner adalah salah satu penyakit langka yang dapat mengancam nyawa. Penyakit Leiner didefinisikan sebagai dermatitis seboroik berat dan meluas,  yang terjadi pada awal kehidupan dan membutuhkan penanganan secara khusus. Faktor utama penyebabnya bersifat multifaktoral, seperti defisiensi sistem imun dalam opsonisasi jamur ayang diikuti infeksi sekunder yang meluas ke seluruh tubuh. Adapan gejala dari penyakit Leiner meliputi gejala klinis yang khas, yaitu eriterma universalis dan skuama kasar di seluruh tubuh yang disertai diare dan gagal tumbuh. (http://www.kalbemed.com/Portals/6/2_10_251Penyakit%20Leiner-Tinjauan%20Imunologi-Diagnosis%20dan%20Penatalaksanaan.pdf)
Titik refleksi untuk mengatasi Leiner pada bayi
Image by: dermaamin.com

Pengobatan penyakit Leiner pada bayi

Menurut Jessica Angelina (RSD Madani, Palu), penyakit Leiner biasanya diobati dengan pemberian cairan untuk menghindari dehidrasi, emolien, dan salep kortikosteroid potensi lemah, dan ini adalah tindakan pertama.

Sunyoto RG ACP dalam bukunya mengatakan, beberapa titik refleksi pada kaki dapat membantu meringankan penyakit Leiner pada bayi.

Berikut ini beberapa titik reflek yang harus dipijat secara benar dan teratur pada kaki ibunya.

Titik refleksi daerah lambung (no.15 kaki kiri dan kaki kanan), titik refleksi usus 12 jari (no. 16 kaki kiri dan kanan), titik  refleksi lever (no.18 kaki kanan saja), kelenjar getah bening bagian dada (no.41 kaki kiri dan kanan), kelenjar getah bening bagian perut (no.40 kaki kiri dan kanan).
Titik refleksi untuk mengatasi Leiner pada bayi
Titik refleksi daerah lambung (no.15 kaki kiri dan kaki kanan), titik refleksi usus 12 jari (no. 16 kaki kiri dan kanan), titik  refleksi lever (no.18 kaki kanan saja)

Titik refleksi untuk mengatasi Leiner pada bayi
kelenjar getah bening bagian dada (no.41 kaki kiri dan kanan), kelenjar getah bening bagian perut (no.40 kaki kiri dan kanan)

Kenapa yang dipijat ibunya? 

Bagi ibu yang masih menyusui, pemijatan ini diharapkan dapat menambah zat Biotin dalam ASI yang dapat membantu mengurangi gejala penyakit Leiner pada bayi. Usahakan untuk mengkonsumsi beras merah, sayuran yang berwarna hijau, minum susu, dan buah-buahan.

0 Response to "Titik refleksi untuk mengatasi Leiner pada bayi"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *