Titik refleksi radang ginjal dan tubuh bengkak

Sebelum mengetahui titik refleksi penyakit radang ginjal dan tubuh bengkak, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari radang ginjal yang menyebabkan pembengkakan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan pengertian dan gejala penyakit ginjal secara ringkas.
Ginjal bengkak dan ginjal normal
Image by: picquery.com

Penyakit ginjal merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada organ ginjal yang berbentuk seperti kacang merah dan berada di bagian kedua sisi punggung bawah tepat di bawah tulang rusuk.

Fungsi dari ginjal yang paling pokok adalah menyaring limbah dan cairan berlebih pada tubuh yang diproduksi menjadi air kencing. Sehingga jika terjadi gangguan pada organ ginjal, maka seluruh aktivitas penyaringan cairan berlebih dan limbah akan terganggu yang mengakibatkan hampir seluruh bagian tubuh juga terganggu.

Fungsi lain dari ginjal adalah menghasilkan renin, menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, menghasilkan eritropoetin, dan fungsi pokok yaitu untuk menyaring limbah dan cairan tubuh berlebih.

Gejala penyakit ginjal yang berpotensi terjadinya pembengkakan tubuh

Penyakit ginjal dapat dideteksi dengan mengenali gejalanya yang dapat mengakibatkan penurunan fungsi ginjal sebagai alat penyaring leimbah dan cairan dalam tubuh (fungsi pokok-red), antara lain:

  • Terjadi penurunan kesadaran
  • Reaksi mual dan muntah serta hilang nafsu makan disertai dengan menurunnya berat badan.
  • Air kencing biasanya berbusa
  • Sulit tidur
  • Tekanan darah tinggi
  • Pembengkakan di sekitar pergelangan kaki dan sekitar mata
  • Jumlah air kecing berkurang dengan frekuensi yang tidak terlalu sering
  • Sebagian penderita infeksi ginjal mengalami demam dan menggigil
  • dll

Pengobatan penyakit ginjal secara medis


Dokter dan ahli medis memiliki cara untuk mengobati penyakit dan gangguan ginjal yang biasanya disertai pembengkakan beberapa bagian tubuh. Pengobatan yang biasa dilakukan antara lain:

  • Dengan memberikan obat-obatatn tertentu dengan dosis yang ditentukan oleh dokter, serta memberikan antibiotik dengan waktu tertentu.
  • Terapi batu ginjal
Jika batu ginjal telah mengeras, bisanya pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi minum air putih minimal 3 liter per hari untuk membilas saluran kemih. Disamping itu pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri selama terapi. Beberapa jenis terapi yang biasanya dilakukan oleh dokter antara lain:

  1. Extra shock wave lithotripsy, yaitu batu ginjal dihancurkan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga dapat larut dalam air seni.
  2. Ureteroscopic Lithotripsy
  3. dan Percutaneous Nephrolithotomy
  4. Pengobatan medis lainnya  adalah dengan diet dan penggantian ginjal atau transplantasi ginjal.

Pengobatan penyakit ginjal dengan metode pemijatan titik refleksi

Berikut ini titik refleksi yang berguna untuk mengobati radang ginjal dan tubuh bengkak:
Titik refleksi ginjal (no.22 kaki kiri dan kanan), saluran kencing (no.23 kaki kiri dan kanan), kandung kencing (no.24 kaki kiri dan kanan), kelenjar adrenal (no.21 kaki kiri dan kanan), titik refleksi jantung (no.33 kaki kiri saja), kelenjar getah bening bagian atas tubuh (no.39 kaki  kiri dan kanan), kelenjar getah bening bagian dada (no.41 kaki kiri dan kanan), kelenjar getah bening bagian perut (no.40 kaki kiri dan kanan).
Titik refleksi radang ginjal dan tubuh bengkak
Titik refleksi ginjal (no.22 kaki kiri dan kanan), saluran kencing (no.23 kaki kiri dan kanan), kandung kencing (no.24 kaki kiri dan kanan), kelenjar adrenal (no.21 kaki kiri dan kanan), titik refleksi jantung (no.33 kaki kiri saja)

Titik refleksi radang ginjal dan tubuh bengkak
kelenjar getah bening bagian atas tubuh (no.39 kaki  kiri dan kanan), kelenjar getah bening bagian dada (no.41 kaki kiri dan kanan), kelenjar getah bening bagian perut (no.40 kaki kiri dan kanan).

Referensi:
https://www.alodokter.com/penyakit-ginjal

0 Response to "Titik refleksi radang ginjal dan tubuh bengkak"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *